Cara Menanam Tomat dalam Polybag atau Pot di Rumah

Tomat merupakan salah satu buah yang digemari oleh banyak orang karena rasanya yang segar. Buah dengan cita rasa masam manis ini biasanya digunakan sebagai bahan masakan dan juga sebagai bumbu dapur sama ibu-ibu rumah tangga. Saya sendiri suka makan tomat merah secara langsung alias tanpa dimasak terlebih dahulu karena rasanya yang masih segar dan tentu saja ada rasa crunchy pada gigitan pertama, uhhh. Kalian suka tomat dijadikan apa? sambel tomat? sedaap!

Nah, pada artikel ini kita fokus bagaimana cara menanam tomat di polybag/pot yang saya dapat ilmunya dari seorang teman saya. Kebutulan punya passion serupa, boleh lahh minta tipsnya dikit ya kan buat dijadiin referensi saya. 

Kalau ada lahan sempit di pingir rumah bisa banget tuh, sayang kan kalo dianggurin, asalkan lahan milik sendiri, okee. Asik ya kan area luar rumah jadi kelihatan lebih segerr dan sejuk, pastinya juga lebih produktif dari buahnya.

Steps

  1. Bibit
  2. Semai
  3. Penanaman/Pemindahan ke Media Tanam
  4. Perawatan
  5. Panen

1. Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit ini berkaitan dengan jenis tanaman tomat seperti apa yang akan kita tanam. Pada kasus ini saya akan mengambil biji tomat dari tomat yang sudah masak.

2. Semai / Penyemaian

Tahap pertama yang dilakukan adalah penyemaian bibit tomat yang sudah dipilih tadi. Caranya, siapkan bibit tomatnya kemudian masukkan ke media semai. Tutup tanah dan siram secukupnya. 

Media semai yang digunakan yaitu tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.

Tunggu sekitar 30 hari-an sampai biji tomat tumbuh di permukaan tanah.

3. Pemindahan ke Media Tanam

Nah, setelah biji tomat tumbuh dan sudah muncul daun. Bibit yang yang sudah disemai minimal sudah tumbuh daun sebanyak 3 buah baru dipindahkan ke media tanam. Kalian bisa menggunakan Polybag atau pot yang agak besar.

Persiapan:
  • Siapkan polybag ukuran minimal 40 x 40.
  • Siapkan media tanam (Komposisi: tanah, pupuk kandang, dan sekam bakar dengan perbandingan 2:1:1)
  • Siapkan ajir bambu, tali rafiah untuk penyangga.

Langkah-langkah:
  • Pindahkan bibit yang sudah disemai
  • siram secukupnya

4. Perawatan

Ini adalah tahapan yang paling penting nih. Di sinilah peranmu untuk merawat tanaman hingga berbuah. Berikut perawatan yang harus dilakukan saat tanaman tomat sedang dalam pertumbuhan.
  • Siram dua kali sehari secukupnya, jangan sampai becek tapi juga tidak kering.
  • Cek kondisi daun kalo ada hama segera atasi dengan pestisida alami saja seperti rendaman tembakau.
  • Lakukan pemupukan rutin satu minggu sekali dengan NPK 16 16 16 dosis tabur 3-4 butir per polybag, atau dengan sistem kocor 2 sendok makan untuk satu ember dosis satu gelas (200ml) untuk satu polybag.
  • Jika tidak dengan NPK bisa dengan pupuk kandang dosis di sesuaikan 3-4 butir saja sudah cukup.
Masa pembuahan:
  • Pemupukan pada masa pembuahan dengan KNO3 yang putih, dosis samakan saja dengan NPK, note: jika tidak mau dipupuk juga nggak masalah yang penting jaga tanaman dari hama.
  • Cek buah apalagi musim hujan pastikan tidak ada air menggenang di bawah buah karna bisa membuat buah jadi busuk.

5. Panen

Untuk model panen dilakukan harian ketika ada tomat yang telah masak, sehingga lebih terkontrol tomat mana yang mau dipetik, alhasil nggak ada tomat yang sampai busuk.

Baiklahh itu dia tutorial dari saya tentang cara menanam tomat di polybag atau di pot. Memang sih perlu kesabaran dan juga perawatan ekstra, harus care sama kondisi tanamannya.
4 komentar
  1. Tetangga belike: ngapain si nanem tomat ng umah, ngko akeh ula... Nko nk panen q bagi ya
    Lu : njerr

    BalasHapus
  2. Seru sih berkebun gini, bisa ngisi waktu luang.

    BalasHapus
  3. What the hell is this. 😂

    BalasHapus
  4. Wah ternyata selain suhu design dan koding, punya bakat bercocok tanam juga ya mas...

    BalasHapus

komentarnya dongg