Pantai Menganti Kebumen, Hamparan Pasir Putih dan Bukit yang Indah

Usai menghadiri undangan  pernikahan, saya langsung bergegas menuju pantai di ujung barat Kebumen. Pantai Menganti, fiuh.. akhirnya saya mempunyai kesempatan pergi ke sini setelah planning yang cukup lama. Nampaknya mencari-cari sela waktu adalah hal yang cukup sulit di luar kebiasaan rutin. Apalagi jika harus menunggu waktu senggang orang lain, seakan-akan waktu begitu berharga. 

Sekitar jam dua, terik matahari menemani perjalanan saya yang memakan waktu sekitar sejam lebih. Perjalanan mulai terasa melelahkan ketika melalui trek perbukitan. Jalan yang berliku membuat saya sedikit pusing. Namun hawa segar dan sejuk langsung terasa ketika sudah berada di ketinggian bukit. Kami berdua bersama teman saya cukup lihai menaiki bukit dengan mengendarai sepeda motor. Cukup menantang saat melewati bukit karena jalan yang terjal serta banyak tikungan. Kondisi jalan juga banyak yang berlubang walau tidak terlalu parah tapi harus tetap berhati-hati. 

Setelah dekat dengan pantai kami sempat berhenti di atas bukit dengan pemandangan laut, saya terkagum melihat luasnya laut. Laut itu adalah Samudera Hindia. Kami kembali melanjutkan perjalanan menuju pintu masuk yang hanya tinggal beberapa ratus meter lagi. 

Welcome to Menganti Beach!

Saat sampai di pintu masuk, kami disambut oleh mbak-mbak kasir yang ada di loket pembayaran, kemudian menyebutkan harga tiket masuk sebesar Rp. 35.000,- untuk dua orang kemudian memberikan struk pembayaran. Kami kembali melanjutkan perjalanan di mana tujuan sudah semakin dekat. 

Ternyata dari pintu masuk menuju objek wisata jaraknya masih cukup jauh. Untungnya di sini memiliki fasilitas transportasi gratis untuk mengantar pengunjung. Laut biru dengan hamparan pasir putihnya, saya menjadi terlalu bersemangat. Ada sebuah tempat pelelangan ikan yang berada di paling depan, sepertinya pantai ini menjadi rumah para nelayan karena memang banyak sekali perahu nelayan di sini.  Setelah itu kami langsung mencari parkiran, fasilitas parkir di sini gratis ingin dimana saja sesuai kata mba-mba kasir tadi di pintu masuk. Selamat datang di pantai menganti. Fiuhh... Setelah penantian panjang di perjalanan, saya turun ke pantai yang letaknya di bawah bukit. 

Sekitar jam tiga lebih, hari itu cuaca sangat terik, saya hampir tidak bisa membuka mata karena langsung berhadapan dengan sinar matahari. Tapi saya sudah tidak sabar untuk turun dari bukit ke pantai. 

Di karang ini sebenarnya banyak sekali ikan-ikan kecil khas penghuni terumbu karang, namun tidak begitu terlihat karena tubuh ikan yang berkamuflase dengan batuan karang. Bahkan ada ikan cantik berwarna biru dan hitam. Sepertinya ikan-ikan ini terperangkap saat air laut surut. Kemudian saya melihat seorang bapak-bapak yang sepertinya sedang mencari-cari sesuatu di balik batu karang.

"lagi cari apa, pak?" saya bertanya dengan serius.

"kerang" jawabnya sambil membalikan batu karang  yang setengah terendam air laut.

"kerang apa, pak?" saya bertanya lagi.

"kerang apa aja" sambil terus mencari kerang di balik batu.

Nampaknya percakapan kami terlalu dingin, setelah itu saya hanya melihat aktivitas yang dilakukan oleh bapak itu. Saya pun kembali eksplorasi di sekitaran sini. Banyak sekali penghuni di batu karang, mulai dari jenis ikan, kelomang air laut, kerang, dan hewan lain.


Setelah puas menikmati hamparan pasir putih, saya meneruskan eksplorasi ke bukit yang masih termasuk area wisata Pantai Menganti. Situasi di bukit ternyata lebih ramai pengunjung dibanding pantai pasir putih yang letaknya di bawah bukit. Menikmati pemandangan laut dari atas bukit sambil duduk di gazebo. Saya harus berjalan naik dan turun bukit, sangat melelahkan mengitari bukit di sini.


Rasa pusing akibat perjalanan jauh melewati jalan-jalan bergelombang tak melunturkan semangat saya untuk melanjutkan eksplorasi. Udara terasa sejuk begitu sampai di atas bukit. Jarang-jarang melihat yang seperti ini. Di kebumen memang banyak wisata pantai di sepanjang pesisir selatan. Pemandangan laut biru jadi betah ingin berlama-lama di sini. Trek disepanjang bukit pantai menganti sebenarnya cukup panjang dan bercabang-cabang. Cukup membuat nafas ngos-ngosan bagi yang melaluinya. Tapi sepanjang tebing bukit yang langsung berhadapan dengan laut biru membuatnya layak untuk berkorban rasa lelah. Tidak ketinggalan fasilitas kamar mandi pun gratis. Namun kamar mandi milik pengelola letaknya ada di titik tertentu. Jika menggunakan fasilitas kamar mandi milik warung biasanya ada uang kas yang harus dikeluarkan.


Fasilitas di Pantai Menganti Kebumen:

  • Parkir Gratis
  • Villa
  • Penginapan
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Gazebo
  • Camping Ground
  • Warung makan
  • dll
Perjalanan yang cukup memuaskan walau hanya sebentar. Pantai Menganti ini layak untuk liburan bersama keluarga. Selain banyak tersedia tempat makan dan area santai, juga terdapat penginapan di sana. Eksplorasi saya berakhir di Jembatan Merah, sangat indah untuk menikmati senja sebenarnya. Karena ramai jadi saya tidak jadi untuk berfoto di Jembatan Merah. Perjalanan kami akhirnya berujung ke titik awal di tempat parkiran. Senja menutup cerita perjalanan saya di Pantai Menganti, saya bergegas pulang sebelum gelap. 

10 komentar
  1. Mantab pak, jalannya menuju kesana.. Padahal objeknya bagus tp akses kesananya penuh lubang blum lg jalannya naik turun wkwk

    BalasHapus
  2. kok apik ya ternyata. Ini salah satu destinasi pantai kebumen yang sempet dilist kakakku nih pas kemarin kami kumpul mudik di kebumen huhu...sayang ga sampai waktunya udah harus kembali ke kota, akhirnya sebelumnya hanya sempat ke Pantai Jatimalang aja. Btw..itu keren juga ya faozi ada jalan yang udah dipaving segala dan menuju ke bawah..ngingetin aku sama Pantai Pandawa. Juga ada kamar mandinya. Jadi bisa buat bebersih kalau misalnya nyebur ke ombak dan nyeker di pasir

    kalau kelomang di tempatku dulu nyebutnya kepompong, jaman SD ku ini diual loh sama mamang mamang dan bentuknya macem macem. Tapi si bapak yang cari kerang cara jawabnya pas diajak ngobrol dingin juga ya..jado bikin segan hehehe

    BalasHapus
  3. pantai yang indah di kebumen
    dulu kesana tarifnya masih 15ribu per orang, sekarang naik jadi 17500 ya

    BalasHapus
  4. indahnya pemandangan pantai, lama tidak main ke pantai.

    BalasHapus
  5. Pantai Menganti sepintas mirip mirip dengan pantai pantai di daerah saya di Gunungkidul. Indah banget. Btw di sana ada kuliner spesial apa mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya malah kurang ngeh sama kulinerannya, tapi kebanyakan di spanduk tempat makan ada tulisan Seafood.

      Hapus
  6. Pantai Menganti, tak kalah Cantik dengan pantai lain. Selamat pagi ananda Amir. Terima kasih juga telah berbagi

    BalasHapus
  7. spot pantai menganti paling apik adalah pasir putihnya. Spesial dibanding pantai lain di Kebumen.

    Selamat pagi,

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. Aku belum pernah mampir ke Kebumen, hanya lewat aja hehe. Ga menyangkan ternyata ada Pantai Menganti yang cantik begini. Mesti seharian menikmati suasana di sana .. piknik bareng keluarga dan foto2 tentunya :)

    BalasHapus

komentarnya dongg