Tips Traveling Ala Backpacker (Pemula)

Semenjak saya mulai berani memulai petualangan traveling, saya semakin ingin terus mencari kisah baru dan menulisnya. One small step for man. Banyak hal yang menarik di setiap kisah. Cerita dan pengalaman yang berharga, belajar dari situ dan bisa memahami sudut pandang yang lebih positif. Siapa sih yang tidak ingin keliling tempat wisata di mana pun berada? semua orang pasti ingin melakukannya. Terlebih negara Indonesia memiliki bentang alam yang menakjubkan dan berpotensi sebagai ladang pariwisata di setiap provinsi.

Berikut tips traveling ala backpacker

#Tentukan Budget

Traveling ala backpacker itu bukan petualangan mewah, semuanya serba minimalis dan simpel. Budget tentu menjadi point penting sebelum memulai traveling.

#Rencanakan Perjalanan

Merencanakan perjalanan terlebih dulu itu cukup penting dan akan sangat membantu. Bisa dimulai dari mencari informasi destinasi yang akan dituju. Hal ini berguna untuk memberi gambaran bagaimana situasi di sana. Kalian juga bisa membuat to-do list untuk kegiatan apa saja yang akan dilakukan di tempat tujuan.

#Cari Penginapan Murah

Hal penting yang harus diperhatikan adalah mencari penginapan. Selama liburan pastinya lebih banyak beraktivitas di tempat destinasi wisata dibanding di penginapan. Maka dari itu sebaiknya perlu mencari penginapan atau homestay semurah mungkin setidaknya cukup nyaman untuk istirahat dan kalau bisa dekat dari fasilitas publik.

#Mencoba makanan lokal

This is one of the fun thing. Ini tips yang jangan sampai ketinggalan. Mencicipi makanan lokal khas daerah wisata tertentu pastinya akan jadi kisah menarik. Makanan lokal biasanya dijual oleh penduduk lokal yang harganya tentunya lebih murah. Ngobrol bersama mereka juga menjadikan pengalaman traveling kalian terasa menyenangkan dan mengesankan.

#Transportasi

Tak perlu mewah, apalagi luxury class. Sebagai backpacker memang harus serba minim, selain hemat budget, melakukan perjalanan sebagai backpacker akan lebih sederhana dan bebas. Memilih transportasi yang tepat sangat penting. Transportasi pilihan yang bisa dipilih di antaranya ada kereta, bus antar kota. Sudah cukup untuk perjalanan dalam pulau. Jika menyebrang pulau, bisa pilih pesawat atau kapal. Lagi-lagi, pilih sesuai budget.

#Beli Paket Perjalanan

Paket perjalanan biasanya mulai dari harga yang lebih terjangkau. Biasanya paket perjalann berisi rombongan, tentunya jadi lebih hemat. Umumnya paket perjalanan sudah termasuk biaya masuk destinasi wisata, makan, dan penginapan.

Oke itu dia tips melakukan traveling ala backpacker. Backpacking adalah traveling dengan budget hemat. Yang penting, kita menikmati perjalanan dan kisah yang berkesan. Jangan lupa vaksin untuk kekebalan imun kita, mari bersama lawan pandemi covid-19. Stay safe.
2 komentar
  1. aku juga suka traveling, tapi kadang waktu yang susah nyari kalau ga ketemu banyakan tanggal merah berentetan hehehe..pastinya budget itu nomor satu karena biasanya di lapangan akan banyak pengen beli ini itu secara dadakan...Kalau yang paling asyik sih yang bagian kulineran lokal di tempat yang dikunjungin...aku selalu antusias kalau ini...biasanyablangsung semangat karena mau kubikin tulisan di blog heheh

    BalasHapus
  2. yep, kuliner lokal memang unik unik dan bikin penasaran untuk mencoba makanan lokal

    BalasHapus

komentarnya dongg