4 Rekomendasi Wisata Pantai Eksotis di Kebumen Jawa Tengah

Ingin sekali rasanya kembali jalan-jalan selepas pandemi setelah sekian lama karena tidak diperbolehkan bepergian. Akhirnya, perlahan kita mulai kembali ke kehidupan normal dengan adaptasi yang baru. Adaptasi untuk menyesuaikan diri terhadap standar hidup baru setelah pandemi. Selama pandemi saya tidak terlalu banyak keluar rumah. Padahal memang saya-nya saja anak rumahan yang jarang sekali keluar. Saya lebih senang berdiam diri di kamar. Kalau terpaksa keluar pun karena harus berangkat kerja dan jika ada kepentingan mendesak saja.

Mumpung peraturan PPKM sedang longgar, kalian yang berencana jalan-jalan ke wilayah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengahm, ada banyak opsi daftar wisata yang bisa kalian singgahi, terutama pantai. Kebumen memang tidak ada habisnya soal pantai. Karena kabupaten Kebumen langsung berhadapan dengan samudera hindia. Jadi tak heran, sepanjang sisi selatan Kebumen, memiliki garis pantai yang indah. Berikut 4 rekomendasi wisata pantai eksotis yang ada di Kebumen, Jawa Tengah berdasarkan pantai yang pernah saya singgahi.

Pantai-Suwuk

1. Pantai Menganti - Ayah

Pantai Menganti yang lokasinya berada di Kecamatan Ayah menjadi pantai favorit saya. Pasir putihnya yang menawan dan batu-batuan karang membuat pantai ini sangat eksotis. Menurut saya pantai ini menjadi salah satu pantai teristimewa di Kebumen, karena pasir putihnya yang berbeda dari mayoritas pantai di Kebumen yang berpasir hitam. Posisinya di balik bukit, perlu perjuangan untuk sampai ke pantai ini. Tapi rasa lelah untuk sampai ke pantai ini akan terbayarkan dengan pemandangan bukit rindang dan keeksotisan pantai ini. 

sumber dok pribadi


Saat pertama kali saya mengunjungi pantai ini kondisinya tidak terlalu ramai karena pada hari-hari biasa. Namun bisa menjadi sangat ramai dalam sekejap pada musim libur panjang seperti pada saat libur lebaran dan tahun baru. Di sana akan ada tempat penginapan dan villa yang bisa kalian sewa jika ingin bermalam disini, karena ada spot untuk menyaksikan sunrise di pantai ini. Selain itu juga terdapat area camping ground di atas bukit yangl angsung berhadapan ke laut lepas dan wilayah timur, jadi ketika pagi kalian bisa menyaksikan sunrise dari tenda camp.

2. Pantai Pecaron

pantai-pecaron

Letaknya persis di sebelah timur Pantai Menganti. Walau demikian, pantai ini tidak memiliki pasir putih. Feel-nya kurang lebih sama, nuansa pantai di balik bukit dan batuan karang. Pasirnya berwarna hitam dengan suasana di bawah tebing dengan pohon-pohon kelapa di pinggir pantai. Rasanya ingin sekali camping di sini. Pemandangan Pantai Pecaron tetap eksotis dengan kombinasi bukit dan birunya laut.

Lokasi Pantai Pecaron berada di Desa Srati, Kec. Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pantai Pecaron memiliki fasilitas yang cukup seperti mushola, kamar mandi, dan warung makan. Untuk menuju ke pantai pecaron usahakan untuk selalu menanyakan rute kepada warga sekitar, ketika sudah mendekati pantai ini untuk berjaga-jaga supaya tidak kesasar saat melewati jalanan kecil di perbukitan. Namun kalian tidak usah khawatir, rute dari jalan utama menuju pantai bisa dilewati menggunakan sepeda motor, jadi tidak perlu repot-repot jalan kaki.


Saya pernah datang ke pantai pecaron pasca lebaran, jalanan macet parah. Ditambah lagi rute perjalanan melewati jalanan bukit dengan  resiko kecelakaan tinggi jika sampai lengah, harus ekstra hati-hati dan sabar dalam perjalanan. Berikut link artikel tentang Pantai Pecaron (penasaran?). 

3. Pantai Watu Bale

sumber: pesisir.net

Masih dengan nuansa pantai dengan perbukitan, Pantai Watu Bale bisa dijadikan destinasi yang bisa kalian kunjungi di kala weekend. Ombaknya yang relatif tenang cocok untuk bersantai di hamparan pasir pantai watu bale. Selain itu, ada beberapa spot foto yang menarik di sini. Beberapa di antaranya, yaitu Jembatan Segitiga, Rumah Pohon, dan Bukit Titanic.

4. Pantai Suwuk

Pantai Suwuk terletak di Desa Tambakmulyo, kecamatan Puring, kabupaten Kebumen. Panorama Pantai Suwuk memiliki keindahan dengan pemandangan Bukit di sisi barat yang terletak di area pantai & goa karang bolong. Pantai penuh kenangan ini letaknya bersebelahan dengan pantai karang bolong. Pantai suwuk dan Pantai karang bolong dipisahkan oleh muara sungai yang lebarnya cukup luas. Kalian bisa menaiki perahu sampan untuk menyeberang dari Pantai Suwuk ke Pantai karang bolong, begitu juga sebaliknya.



Beberapa Fasilitas yang disediakan:

  • Wahana Permainan
  • Pesawat Boeing 737-200
  • Masjid Al Muttaqin
  • Kolam Renang Anak
  • Toko Oleh-oleh
  • Warung Makanan
  • Toilet
  • Tempat Parkir


Sudah tak terhitung berapa kali saya menyinggahi pantai ini. Di antara pantai yang ada di kebumen, Pantai suwuk ini mungkin yang paling terkenal. Melewati berbagai waktu, dari yang dulunya hanya sebuah pantai tanpa bangunan, sekarang sudah penuh dengan bangunan seperti restauran dan penginapan.

Itulah 4 rekomendasi pantai eksotis di kebumen versi saya. Jika kalian berkesempatan ke Kebumen, wisata mana yang ingin kalian eksplorasi?
4 komentar
  1. aww....
    indah lokasinya......
    Thank you for sharing

    BalasHapus
  2. Banyak sekali ya wisata pantainya.
    Selain itu sepertinya tidak begitu ramai, cocok sekali untuk benar-benar menikmati suasana alam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebumen memang banyak pantainya, yang belum dijadikan tempat wisata juga masih ada

      Hapus

komentarnya dongg