Internet dan Layanan Konektivitas Bangsa

HUT-Telkom

Siapa sih yang tidak kenal internet? anak kecil saja sekarang sudah familiar dengan internet, walaupun mungkin mereka belum bisa mendefinisikan apa itu internet. 

Internet merupakan jaringan elektronik yang menghubungkan jaringan komputer di seluruh dunia. Internet memungkinkan kita untuk beraktivitas seperti ngobrol di dunia maya. Aktivitas di dunia maya saat ini sudah sangat membudaya di masyarakat. Bahkan, Internet sudah seperti menjadi kebutuhan primer manusia. 

Dulu saya mengenal internet ketika masih duduk di bangku smp dari pelajaran teknologi informasi, sekitar tahun 2012. Saat pertama kali menggunakan internet di lab komputer itu terasa ajaib. Kita bisa akses berbagai konten dan informasi menarik dari seluruh dunia. Dengan internet semuanya terasa dinamis. Saya ingat betul waktu itu, saya paling antusias ketika ada praktikum di lab komputer. 

Keberadaan internet kini sudah sangat vital dalam aktivitas manusia, guna memenuhi kebutuhan konektivitas dan komunikasi yang lebih cepat. Internet membuat yang jauh menjadi terasa dekat. Adanya internet kita bisa saling mengenal kebudayaan lain tanpa terhalang oleh jarak, menghubungkan masyarakat, dan seluruh penjuru bangsa.

Internet terus mengalami evolusi dalam satu dekade terakhir. Dalam perkembangannya, internet terus mengalami peningkatan ke dalam versi yang lebih cepat dan lebih baik. Saya tidak heran, karena belakangan ini banyak media yang membicarakan internet cepat, yaitu jaringan 5G.

Bayangkan saja, Internet bagaikan denyut nadi dalam berbagai kegiatan dan aktivitas manusia. Mulai dari kegiatan rumahan, kantor, sekolah, bisnis, dan lain-lain, kini semuanya menyatu di dalam dunia maya.

Telkom Hadir Melayani Konektivitas Terbaik

Menurut kutipan dari katadata.co.id, ada 204,7 Juta pengguna Internet di Indonesia di awal 2022. Itu artinya, hampir seluruh penduduk Indonesia menggunakan internet, dari total penduduk yang mencapai 278,7 juta per April 2022.

Jumlah pengguna internet sebesar itu tentu ada peranan besar yang memberikan layanan konektivitas internet. Berbicara tentang internet dan konektivitas, Telkom Group hadir untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan tersebut. Telkom Group adalah gabungan dari beberapa anak perusahaan yang dimiliki oleh Telkom Indonesia.

Telkom Group melayani jutaan pelanggan di seluruh Indonesia yang meliputi layanan komunikasi seluler, jaringan, interkoneksi dan jasa internet dan komunikasi data. Beberapa anak perusahaan dari Telkom Group di antaranya adalah PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT Multimedia Nusantara, PT PINS Indonesia (PINS/Pramindo), PT Infomedia Nusantara (Infomedia), PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel/Dayamitra), PT Napsindo Primatel Internasional (Napsindo), dan PT Graha Sarana Duta (TelkomProperty/GSD).

Telkom Group juga menyediakan berbagai layanan di bidang informasi, media dan edutainment, termasuk layanan berbasis server dan cloud, layanan e-Payment dan enabler IT, e-Commerce dan layanan portal lainnya.

IndiHome adalah salah satu Internet Provider Rumah milik PT Telkom Indonesia. IndiHome merupakan layanan fixed broadband. Apa sih fixed broadband itu? Internet Fixed Broadband adalah jenis koneksi internet yang membutuhkan jaringan kabel seperti jaringan fiber optik untuk bisa terkoneksi ke internet. Fixed broadband biasanya terhubung ke perangkat melalui kabel LAN atau Wifi, serta kualitas jaringannya yang stabil.

Pada 6 Juli 2022 kemarin, Telkom Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun yang ke-57. Sudah lama juga ya ternyata, mengabdi kepada masyarakat dalam memberikan pelayanan terbaiknya.

Nah, layanan utama yang disediakan oleh IndiHome di antaranya, yaitu internet, telepon, dan TV interaktif. IndiHome menjadi yang terdepan dalam pelayanan. Bahkan, pelanggan IndiHome mencapai lebih dari 8,6 juta yang telah menjangkau hampir seluruh kota/kabupaten di Indonesia, yaitu 489 dari 514 kota/kabupaten. 


Saya tidak heran dengan hal tersebut, sekarang saja banyak saya temui toko-toko atau warung kecil sudah banyak menggunakan layanan IndiHome. Bahkan rumah-rumah di kampung juga sudah banyak yang memasang jaringan internet IndiHome. Selain itu juga tersedia jaringan publik di beberapa titik sudut kota. Apa kalian pernah melihat bangunan nuansa warna merah dan putih bertuliskan “wifi.id”? ya, wifi.id merupakan salah satu jaringan internet publik menggunakan wifi milik Telkom.

Demi meningkatkan kualitas, IndiHome memberikan layanan terbaik kepada masyarakat dengan memperluas area jangkauan. Selain hampir merata di seluruh kabupaten di Indonesia, IndiHome bahkan telah menjangkau 10 pulau terluar di Indonesia seperti Pulau Bintan, Karimun, Kei, Alor, Simeulue, Weh, Sebatik, Rote, Sabu, dan Nusa Penida. Serat optik IndiHome membentang sejauh 170.885 kilometer dengan 251.116 base transceiver station (BTS), dan 14,1 juta optical port dari pusat kota hingga desa-desa terpencil di seluruh nusantara atau setara dengan 4 kali keliling bumi. 

Jadi tidak heran, sekarang ini banyak kampung yang sudah melek internet, salah satunya untuk bisnis online. Kualitas layanan IndiHome yang baik serta mempunyai kecepatan internet yang stabil membuat IndiHome menyandang sebagai Internet Provider terbaik di Indonesia. Bandwidth tergantung pada paket berlangganan yang dibeli.

Pelayanan Customer Service yang tanggap

Peranan Telkom ternyata berdampak besar untuk masyarakat, salah satunya dalam  berbisnis. Banyak peluang bisnis dengan adanya internet. Salah satunya dalam promosi bisnis.

Meskipun suatu bisnis dilakukan secara offline, dengan internet kita bisa memanfaatkan jangkauan lebih luas dalam pemasaran dan promosi guna memperkenalkan jasa atau produk lebih luas. 

Berdasarkan pengalam pribadi, saya paling berkesan terhadap pelayanan perbaikan ketika ada kendala teknis, seperti error pada modem. 

Suatu ketika saya pernah melaporkan masalah pada modem IndiHome ke kantor cabang terdekat karena terjadi error pada modem dan internet terputus. Di customer service saya ditanya tentang detail informasi seperti nomor ID pelanggan dan alamat, nantinya akan diteruskan ke bagian teknisi untuk terjun langsung dan mendiagnosa masalah yang terjadi di lapangan. 

Tidak butuh waktu lama, biasanya jika mengajukan laporan di pagi hari, sore hari sudah ada teknisi yang datang, tergantung tingkat kesibukan pada jam kerja. Dengan begitu, Telkom benar-benar serius dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Sudah beberapa kali saya mengajukan tiket permasalahan dan selalu ditanggapi dengan sigap dan cepat dalam penanganan. Good Job!

Pembayaran yang Nyaman dan Mudah

Sebagai bagian dari pelayanan, metode pembayaran berlangganan IndiHome tersedia berbagai pilihan. Pelanggan memiliki berbagai pilihan metode pembayaran yang diinginkan. Mulai dari melalui minimarket, e-wallet, via bank, ATM, Kantor POS, dan lain-lain. Jadi tidak perlu khawatir akan mengalami kendala dalam membayar tagihan berlangganan.

Saya pernah membayar tagihan berlangganan via minimarket, prosesnya sangat mudah. Tinggal menyebutkan nomor ID pelanggan dan akan segera dilakukan proses pembayaran. Praktis  dan bisa menjadi alternatif jika belum memiliki m-banking.

Selain itu, pelanggan juga semakin dimanjakan dengan aplikasi myIndiHome yang berguna untuk melihat dan memantau status berlangganan hanya dari handphone atau website.

Makin Meriah dan Banyak Promo dalam rangka HUT Telkom ke-57

amirul-faozi-hut-telkom

Telkom Indonesia merayakan HUT yang ke-57 pada 6 Juli 2022 yang lalu. Oh iya, dalam rangka HUT Telkom ke-57 IndiHome menghadirkan berbagai promo menarik untuk masyarakat. Salah satunya paket Special Program Loyalty khusus para pelanggan eksisting IndiHome. Program dimulai dari bebas akses ke berbagai paket channel, diskon poin myIndiHome, voucher bayar tagihan, hingga berbagai macam cashback.

Dalam rangka HUT Telkom ke-57, di sepanjang Juli pelanggan IndiHome akan mendapatkan cashback 57 persen, jika berlangganan mitra over the top (OTT) seperti Disney+ Hotstar, Vidio, dan Catchplay+. Caranya mudah, kamu cukup melakukan pendaftaran berlangganan melalui web resmi IndiHome. Akan ada Cashback senilai Rp 57 ribu saldo LinkAja.

Untuk info promo lebih lengkap,  kamu bisa akses melalui link IndiHome Promo.

57 tahun adalah waktu yang panjang bagi Telkom Indonesia. Kita sebagai pelanggan tentu menginginkan pelayanan yang terbaik. Saya yakin, Telkom Indonesia akan terus meningkatkan kualitas demi menghubungkan masyarakat dalam menjangkau konektivitas yang lebih cepat. Momentum ini tentu menjadi waktu yang tepat, dalam meningkatkan kontribusi untuk Indonesia serta mendorong percepatan digitalisasi Indonesia yang merata di seluruh daerah.

16 komentar
  1. Saya pasang Indihome mas Amir,
    Alhamdulillah buat kerja lancar jaya.

    Customer servicenya juga cepat tanggap,
    Kalau ada trouble, kontak, langsung beres.

    Mantap pokoknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas, troubleshooting nya cepet.

      Btw mas adam udah berlangganan sejak kapan nih?

      Hapus
    2. Alhamdulillah
      saya sudah menggunakan sejak 1 tahun yang lalu mas Amir

      Hapus
  2. Saya masih kuota seluler, belum mampu berlangganan soalnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. malah lebih terkontrol sesuai budget sih mas menurut saya, hehe

      Hapus
  3. Di sekolah saya pun menggunakan indihome. Kalau ada trouble, cepat sekali perbaikannya dengan datang pekerja dari telkomsel untuk perbaikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. layanan indihome memang the best

      Hapus
  4. Memang kita tidak bisa lepas dari internet, bakalan selalu dibutuhkan. Telkom eksis dari zaman saya SD dulu sampai sekarang anak saya sudah mau masuk SD.

    BalasHapus
  5. Nice artikel kak. Emang jaman sekarang tuh ga bisa lepas dari internet, jadi kudu punya akses yang kencang

    BalasHapus
  6. Di tempat kami masyarakat belum banyak mengenal IndiHome. Sekarang lagi gencarnya membangun perangkatnya. Selamat pagi, ananda Amir. Terima kasih telah berbagi informasi.

    BalasHapus
  7. Di Karimunjawa dulu susah banget layanan internet. Sekarang kami udah pasang hahahah, malah pas zamannya WFH, aku pernah WFH dari rumah lebih dari seminggu

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah ya mas, internet makin merata di daerah-daerah Indonesia

      Hapus

komentarnya dongg