6 Tips Bepergian Naik Kereta Api Untuk Pemula

Saya masih ingat betul saat pergi ke Kota Bandung naik kereta api untuk pertama kalinya, pada tahun 2019 silam. Saat itu saya akan pergi merantau ke kota tersebut. Kereta yang saya tumpangi adalah kereta jurusan Stasiun Kiaracondong, Bandung. Walau hanya kereta dengan kelas ekonomi, tapi saya cukup kagum dengan interior gerbongnya. Saya lupa nama keretanya apa, tapi yang jelas dulu saya sangat takut ketika akan naik kereta. Wajar lah, ini kan pengalaman pertama kali untuk saya, jadi sedikit merasa norak dan malah jadi overthinking. Tapi ternyata perjalanan menggunakan kereta asyik juga loh. Hal yang tidak biasa di Bandung buat saya adalah udaranya yang dingin. Setiap pagi saya selalu gemetaran setelah mandi, gara-gara hawa dingin yang begitu menusuk. Aduh, jadi rindu suasana senja kota Bandung ya kan. 

Waktu saya akan pergi merantau, sebelumnya saya baru bekerja beberapa bulan di dalam kota. Masih fresh graduated istilahnya, hingga akhirnya saya memutuskan untuk merantau. Kereta Api jadi moda transportasi massal jarak jauh yang cukup diminati karena unggul dalam kecepatan dan terbebas dari macet. Kalian kapan pertama kali naik kereta? cerita dong, cerita.

Di artikel ini saya akan berbagi pengalaman saat pertama kali bepergian naik kereta api yang sudah saya rangkum. Berikut tips bepergian naik kereta api yang bisa kamu terapkan agar perjalananmu terasa nyaman dan menyenangkan.

1. Beli tiket secara online dan Check In


Jika kalian malas untuk antre dan bolak-balik karena jauh dari stasiun kereta, kalian bisa membeli tiket secara online. Banyak sekali agen aplikasi yang menjual pertiketan kereta api. Sebagai orang yang sering berdiam diri di dalam kamar, membeli tiket secara online adalah pilihan tepat untuk saya. Begitu praktis dan cepat di jaman ini hingga tak perlu keluar rumah untuk membeli sebuah tiket. Jadi tidak khawatir lagi di kerumunan lagi, dengan begitu kan saya jadi bisa melakukan hal yang lain.

Satu hal lagi kelebihan dalam memesan tiket secara online adalah peluang mendapatkan promo tiket. Traveler wajib banget berburu paket promo atau diskon tiket. Tujuannya ya demi menghemat. Biasanya promo bisa didapatkan di aplikasi penyedia jasa tiket. Apa pun dilakukan agar sehemat mungkin, selama tidak merugikan orang lain. Setuju?

Setelah mendapatkan e-tiket kita harus menyimpan kode booking baik-baik, karena nanti kita harus melakukan check in di stasiun untuk mencetak tiket ke dalam bentuk fisik saat hari keberangkatan kereta.

2. Siapkan identitas diri

Identitas diri memang harus dibawa ke mana pun kita pergi.  Saat melakukan boarding kita diminta untuk menunjukkan KTP agar dicocokkan dengan data identitas pada tiket kereta. Jadi jangan sampai ketinggalan.

3. Jangan terlalu banyak bawa barang bawaan


Bagasi tempat menyimpan barang di gerbong kereta itu sempit, saya sarankan untuk membawa barang tidak terlalu banyak. Terlebih waktu traveling, cukup bawa barang-barang yang dibutuhkan selama perjalanan seperti baju ganti untuk beberapa hari, kebutuhan kebersihan sehari-hari dan obat-obatan jika perlu.

Baca juga: Tips Traveling Ala Backpacker (Pemula)

4. Siapkan bekal makanan



Perjalanan menggunakan kereta biasanya karena jarak tempuh yang jauh. Saya sangat menyarankan kalian agar membawa bekal, setidaknya camilan yang bisa dinikmati selama perjalanan untuk berjaga-jaga bila timbul rasa lapar. Kalau saya lebih pilih sejenis roti karena bawanya yang simple serta praktis dimakan. Jangan lupa bawa air mineral. Sebetulnya di kereta api juga ada makanan ataupun minuman yang bisa dibeli, tapi tak ada salahnya kan menyiapkan sendiri dari rumah, tujuannya apa? untuk hemat budget. Yess!

5. Bawa jaket

Di dalam kabin kereta ternyata sangat dingin. Ketika pengalaman pertama kali saya sungguh kedinginan di dalam kabin kereta. Selama perjalanan saya sampai gemetaran gara-gara hawa dingin. Untungnya saya membawa jaket waktu itu, jadi bisa meminimalisir rasa dingin. Jadi saya sangat menyarankan untuk membawa jaket atau pakaian panjang untuk meng-cover badan.

6. Datang 1 jam sebelum keberangkatan kereta, penting


Datang beberapa jam sebelum jadwal keberangkatan sangat penting bagi yang baru pertama kali naik kereta api. Kita harus melakukan check in untuk mencetak tiket di mesin  check in counter. Tidak usah khawatir jika belum tahu, petugas  akan membantumu melakukan cetak tiket. Itu pentingnya datang tidak terlalu mepet dengan waktu keberangkatan. Setelah itu, Sebelum Waktu keberangkatan kita akan melakukan proses boarding terlebih dahulu yang dilakukan oleh petugas. Dokumen identitas sangat diperlukan di sini dan akan dilakukan cek kesesuaian data diri pada tiket dengan identitas diri.

Tips selama pandemi: Jika sudah melakukan vaksinasi hingga tahap booster, tidak perlu menunjukkan hasil tes negatif covid. Sebaiknya jangan lupa untuk melakukan tes COVID-19 jika belum vaksin booster sebelum hari-H keberangkatan kereta. Jika hasilnya negatif, maka boleh berangkat dan bawa hasil tes negatif tersebut. 

7. Patuhi protokol kesehatan


Jangan lupa untuk mematuhi protokol kesehatan di kala pandemi dan era new normal seperti sekarang ini. Memakai masker dan juga membawa hand sanitizer jika perlu supaya dalam perjalanan terasa aman dan nyaman mengingat adanya pandemi covid.

Oke, itu dia rangkuman tips bepergian naik kereta api dari saya. Selamat menikmati perjalanan. See you soon!

5 komentar
  1. Tipsnya saya catat dulu supaya diingat.
    Sekarang ternyata pesan tiket mudah sekali ya.

    BalasHapus
  2. Tipsnya sangat bermanfaat kak, terima kasih

    BalasHapus
  3. Saya pernah di jogja mau kesolo, beli tiketnya go show (langsung dan mepet) tapi alhamdulillah gak ketinggalan, soalnulya pelayanan KAI juga udah oke banget sih.

    BalasHapus

komentarnya dongg