Yuk, Kenalan Apa Itu Zero Waste Lifestyle



Ternyata ada istilah untuk hidup lebih minimalis dengan mengurangi hal-hal konsumtif yang menghasilkan sampah. Zero Waste, istilah yang belum lama saya dengar ini cukup ramai dibicarakan di kalangan media dan blogger di luar sana.

Saat ini dunia gencar menyuarakan net zero emission (NZE) atau Nol Emisi Karbon. Pemerintah Indonesia juga tak mau kalah dalam upaya mewujudkan komitmen net zero emission. Kendaraan listrik digadang-gadang akan menjadi kendaraan masa depan yang lebih eco friendly atau ramah lingkungan karena tidak menimbulkan emisi karbon yang dihasilkan dari penggunaan energi fosil.

Nampaknya membayangkan upaya selevel pemerintah memang berat. Lalu apa upaya yang bisa dilakukan dari diri kita?

Apa Itu Zero Waste?


Zero Waste adalah sebuah konsep yang mendorong kita untuk lebih bijak dalam menghasilkan sampah dan mengurangi dampak buruk dari sampah. Tujuannya agar sampah yang dihasilkan semakin minim dan tidak berakhir di TPA. Zero Waste merupakan istilah dalam bahasa inggris yang jika diterjemahkan dalam bahasa indonesia adalah bebas sampah. 

Metode yang digunakan dalam menerapkan zero waste adalah 5R yaitu Refuse (menolak), Reduce (mengurangi), Re-use (menggunakan kembali), Recycle (mendaur ulang), dan Rot (membusukkan/mengomposkan sampah).

Belum mulai tapi sudah berpikiran yang aneh-aneh, muncul pertanyaan, kira-kira kita bisa tidak ya menerapkan gaya hidup dengan konsep zero waste ini. Di zaman sekarang kan maunya yang serba praktis. Untuk itu pada artikel ini mari kita simak poin-poin penting dalam gaya hidup zero waste.

Apa Saja Manfaat Zero Waste?

Menerapkan gaya hidup zero waste sangat berdampak baik bagi lingkungan dan alam. Bagaimanapun juga kita tetap tidak bisa lepas dari sampah. Inti dari gaya hidup zero waste adalah mengurangi kebiasaan mengendalikan diri kita agar tidak terlalu konsumtif dan minim menghasilkan sampah serta bertanggung jawab terhadap lingkungan. Kita bisa mulai dari hal-hal kecil seperti, membeli makanan dengan wadah sendiri, belanja sayur dengan kantong ramah lingkungan sendiri, dan lain-lain.

Manfaat gaya hidup zero waste tidak hanya berdampak baik terhadap lingkungan saja, berikut beberapa manfaat zero waste.

1. Lebih sedikit sampah


Manfaat utama zero waste adalah lebih sedikit beban sampah, karena memang tujuan zero waste adalah mengurangi dan me-minimalisir kebiasaan yang menghasilkan sampah plastik secara berlebihan tanpa terkelola dengan baik.

2. Gaya hidup sehat

Gaya hidup zero waste akan mendorong kita jadi lebih sehat. Kita akan lebih memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Tentu kita lebih selektif dalam memilih mempertimbangkannya, dibanding harus mengkonsumsi makanan instan ataupun fast-food.

Ketika kita sudah menjalankan gaya hidup ini pastinya kita akan lebih memilih makanan yang sehat-sehat seperti sayuran dan buah-buahan.

3. Menghemat Pengeluaran

Gaya hidup zero waste akan mendorong kita ke arah yang lebih hemat. Karena tidak lagi fokus membeli dan mengkonsumsi makanan instan dalam kemasan yang menghasilkan plastik. Kita juga akan lebih fokus pada barang-barang yang benar-benar dibutuhkan.

Menerapkan Gaya hidup ini juga mendorong kita lebih kreatif, contohnya seperti memanfaatkan barang bekas yang ada di rumah menjadi barang yang bisa digunakan kembali.

 

Tantangan dalam gaya Hidup Zero Waste

Zero Waste Lifestyle merupakan gaya hidup yang cukup idealis. Seperti yang saya bilang, manusia menginginkan sesuatu yang serba praktis. Mungkin orang berpikir hal tersebut merupakan kebiasaan yang “kaku”. Perlu kesadaran dan pemahaman untuk menerapkan gaya hidup ini. Manfaatnya akan terlihat ketika kita telah konsisten menjalaninya.

Konsep Zero Waste memang terkesan sangat menarik dan bersih, serta ramah lingkungan. Perlu komunitas yang masif untuk memberikan dampak positif yang signifikan untuk alam.

Menghargai dan Belajar dari Alam

 

Alam memberikan semua sumber kenyamanan dalam hidup. Tapi terkadang kita lupa bahwa kita selalu mengeksploitasi alam tanpa memberi waktu untuk menyembuhkan diri.

Gaya hidup modern terus mendorong kita untuk terus berperilaku konsumtif terhadap barang-barang terbaru. Membeli barang sama saja menghasilkan sampah. Sampah yang tidak terkelola dengan baik kemudian akan berdampak negatif bagi lingkungan. Lingkungan yang negatif akan memberi dampak negatif pula bagi kita. Jadi mari kita sayangi alam kita mulai dari kebiasaan kita, yaitu zero waste. Save our planet!
3 komentar
  1. Di Jepang di kenal mottainai..
    Smpe skarng tradisi kbersihan emng japan si paling dbest.. Indo hmm kapan yh.. Moga moga nyusul

    BalasHapus
  2. Patut dicontoh, semoga makin ke sini kita makin aware dengan lingkungan ya mas faozi...alam akan berbaik hati pada kita jika kita melakukan hal yang sama padanya...demi kelestarian yang ada, gaya hidup sehat sedikit demi sedikit mulai takcoba hehe

    BalasHapus

komentarnya dongg